Home » KPR » Jenis-Jenis KPR Yang Perlu Anda Ketahui
Tipe KPR

Jenis-Jenis KPR Yang Perlu Anda Ketahui

PAKUBUMI.com – Seiring dengan meningkatnya kebutuhan seseorang akan hunian, KPR menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan hunian yang sesuai dengan kemampuan finansial. Saat ini masyarakat juga sudah dimanjakan dengan berbagai jenis KPR.

Sayangnya, masih banyak yang belum tahu apa saja jenis-jenis KPR itu.

Jenis-jenis Kredit Pemilikan Rumah ini memiliki perbedaan baik prosedur maupun sistem kreditnya. Untuk itu perlu bagi masyarakat agar lebih tahu dan mengenal tipe-tipe KPR yang ada di Indonesia.

Ada 3 jenis KPR yang ada di Indonesia, diantaranya adalah :

KPR Bersubsidi

Sesuai dengan namanya, Kredit Pemilikan Rumah Bersubsidi ini lebih menyasar kalangan masyarakat menengah bawah. Karena mereka hanya memiliki penghasilan yang cukup dan memiliki masalah apabila ingin kredit rumah dengan biaya yang besar.

Adanya KPR Bersubsidi ini dapat membantu meringankan beban kredit masyarakat dalam bentuk subsidi tambahan dana baik untuk pembangunan rumah maupun renovasi.

Tidak perlu khawatir, KPR Bersubsidi ini sudah diatur oleh pemerintah. Namun, tidak semua orang bisa menikmati layanan KPR Bersubsidi. Setiap pemohonan yang memiliki KPR Bersubsidi ini akan disurvey secara ketat agar dapat menikmati layanan ini. Selain itu KPR Bersubsidi juga ada batasannya seperti maksimal kredit yang diberikan dan penghasilan dari pemohon.

KPR Non-Subsidi

Jenis ini merupakan kebalikan dari KPR Bersubsidi. Dan KPR ini bisa digunakan oleh setiap masyarakat dari berbagai elemen. Adapun properti yang dapat diajukan bisa berupa rumah sederhana atau rumah susun sederhana.

KPR Non-Subsidi ini memiliki kebijakan yang diatur oleh masing-masing bank. Misalnya tentang besaran suku bunga, nilai kredit, dan lainnya.

Untuk subsidi yang diberikan berupa suku bunga bersubsidi. Dan keuntungan dari KPR Non-Subsidi salah satunya adalah bebas PPn (VAT).

KPR Syariah

Bagi kaum muslim yang ingin memiliki rumah dengan sistem kredit yang bebas riba, KPR Syariah adalah solusinya. Sistemnya menggunakan akad Murabahah (jual-beli) dan bentuk properti yang diajukan bisa berupa rumah, ruko, rusun, atau bahkan apartemen.

Beda di KPR Syariah ini, pemohon akan mendapatkan beberapa macam produk kredit yang ditawarkan oleh bank dan jenis rumah. Syarat dan kelengkapannya pun juga berbeda dengan jenis KPR lainnya.

***

Itu sedikit ulasan singkat mengenai jenis-jenis KPR. Yang jelas ketika Anda ingin memutuskan memiliki hunian melalui KPR, bisa ditanyakan dulu ingin menggunakan jenis KPR yang mana.